Cara Instal Tema Dan Plugin Di Wordpress

Cara Instal Tema Dan Plugin Di Wordpress

CARA INSTAL TEMA DAN PLUGIN DI WORDPRESS

Untuk mengakses admin/dashboard untuk install wordpress themes kita pergi ke menu tampilan seperti gambar di atas.
Atau singkatnya dengan mengunjungi halaman http://blogkamu.com/wp-admin/themes.php. Lalu pilih tab pasang tema pada bagian paling atas halaman.
Secara garis besar, menginstall WordPress themes bisa dilakukan dengan 2 cara; yaitu dengan secara langsung install dari repositori themes WordPress, atau dengan cara mengupload themes yang sudah ada dikomputer. Biasanya cara kedua ini kita lakukan saat kita sudah punya file themes dari download diluar direktori themes resmi wordpress.

1. CARA INSTALL WORDPRESS THEMES DARI DIREKTORI WORDPRESS

Untuk menggunakan cara ini, setelah masuk dalam dashboard themes dan memilih pasang tema, kamu bisa langsung mencari nama tema dengan memasukkan namanya, mencari tema berdasarkan fitur tertentu, atau memilih tema yang sedang populer, terbaru atau yang baru saja diperbaharui.
Cara instal tema dan plugin di WordPress
Ketika daftar temanya nanti muncul, kita tinggal pilih themes yang sesuai untuk kita install di blog. Langkah selanjutnya tinggal mengaktifkan themes itu,

2. CARA INSTAL TEMA WORDPRESS DENGAN UPLOAD TEMA

Relatif simple dari langkah sebelumnya, kamu tinggal pilih bagian unggah themes setelah masuk halaman untuk menambah/install WordPress themes pada gambar di atas. Pilih themes yang ada di komputer kita, bisa themes yang kita download dari WordPress Themes Directory tadi atau themes premium yang kita beli dari theme shop yang banyak seperti mythemeshop.
Lihat Gambar di bawah ini :
cara instal tema dan plugin di wordpress

CARA INSTAL PLUGIN DI WORDPRESS

Untuk menginstall plugin WordPress, masuk pada menu plugin, tepat dibawah menu themes seperti pada gambar pertama. Kamu bisa langsung memilih tambah plugin dari sana.
Cara untuk menginstall plugin ini sama persis dengan cara menginstall WordPress themes, bisa dengan upload atau dengan pencarian. Sub menu ketika mengakses halaman install plugin juga mirip, ada pencarian plugin, plugin tags, plugin popular, atau yang paling baru.

TIPS MEMILIH TEMA DAN PLUGIN WORDPRESS

Dalam memilih themes dan plugins, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah siapa yang membuat produk itu? Cari tahu sedikit tentang developernya, siapa mereka, berapa jumlah karya mereka? Semakin banyak themes dan plugins yang mereka buat, harusnya semakin bagus kualitasnya.
Developer dengan ketenaran di ranah WordPress juga lebih disarankan daripada developer yang masih baru. Lalu jangan lupa lihat jumlah downloadnya (menu popular’), semakin banyak didownload menandakan kualitas yang bagus juga.
Jangan install terlalu banyak, usahakan menginstall plugin dalam jumlah yang paling sedikit mungkin. Plugin yang memiliki fungsi banyak lebih baik daripada satu plugin hanya untuk satu fungsi. Ini penting untuk menjaga kecepatan server dalam melayani pengunjung blog/website.

Share on Google Plus

About Unknown

Share, Share And Share. Yes Thats all
Join Our Website On

Internet Learning


    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment

Come on, type your comment with a good sentence